Memilih dan Mengolah Daging Bebek


 Memilih daging bebek
·         Cari daging bebek muda
·         Pilih daging yang masih mengkilat dan ukurannya tak terlalu besar
·         Hindari membeli daging bebek yang dadanya kurang berisi
·         Pilih bebek yang kakinya lunak dan masih mudah dilipat
·         Kalau membeli bebek beku, pilihlah yang warna kulitnya tetap baik dan jernih
·         Agar tidak mudah rusak, segera masukan daging bebek yang tidak dipakai ke dalam freezer.

Menghilangkan bulu bebek
Melepas atau menghilangkan bulu-bulu bebek butuh keahlian tersendiri. Bulu bebek sulit terlepas oleh rendaman air panas sekalipun, sehingga terkadang kita mesti mencabutinya dengan alat penjepit lalu menggarangnya sebentar di atas api.

Mengurangi aroma anyir
·         Cuci bersih daging bebek, jangan hanya dicelupkan ke dalam air
·         Buang tunggir bebek sebelum diolah
·         Lumuri daging bebek dengan cairan cuka atau bisa juga menggunakan larutan air jeruk nipis
·         Agar menyerap, diamkan terlebih dahulu selama 15 - 20 menit. Kemudian angkat dan tiriskan

Mengempukan daging Bebek
·         Untuk mengempukkan siapkan panci untuk merebus. Sebelum dimasak, sebaiknya daging diungkep lebih dahulu (rebus dengan bumbu bawang putih, ketumbar, jahe, serai, dan daun jeruk) selama kurang lebih 1 sampai 1 1/2 jam
·         Semakin lama daging di ungkep, akan semakin renyah daging bebek saat dimasak
·         Daging bebek muda lebih cocok untuk dipanggang, digoreng atau dibakar. Sedangkan daging bebek tua sebaiknya dijadikan hidangan membutuhkan pengolahan seperti direbus atau dikukus.

Tips alternatif
·         Tips yang satu ini mungkin terdengar aneh, tapi tak ada salahnya untuk anda coba untuk mengempukan daging bebek
Caranya sederhana, rebus daging sambil memasukkan sendok ke dalam panci

Tips Mengolah Daging Bebek Empuk dan Tidak Bau Amis
Cara mengolah daging bebek harus secara benar, jika kita salah mengolah maka daging bebek akan alot, keras, dan baunya amis. Maka diperlukan penanganan khusus untuk membuat daging bebek menjadi empuk, betekstur lembut dan tidak bau amis.
Berikut langkah-langkah mengolah daging bebek agar menjadi empuk:
  1. Pilihlah daging bebek yang tidak terlalu tua, namun juga tidak terlalu muda. Usia yang paling pas untuk mendapat daging bebek yang enak adalah sekitar 3 bulan.
  2. Bakarlah bebek potong di atas bara api dan bersihkan bulu-bulu yang masih tertinggal dengan daun pisang, kemudian baru potong sesuai selera.
  3. Kemudian lumuri daging bebek cuka atau air jeruk nipis, lalu cuci dan tiriskan. Pemberian cuka atau jeruk nipis dimaksudkan untuk mengurangi bau amis pada daging bebek.
  4.  Untuk mengurangi bau amis selanjutnya, potonglah berutu bebek .
  5. Rendam bebek dengan airselama 12 jam sebelum dimasak. Hal ini bertujuan agar daging bebek bertekstur renyah saat digoreng.
  6. Satu jam sebelum dimasak, buang air rendaman daging bebek. Lalu lumuri daging bebek berbagai rempah sesuai resep, atau biasanya berupa serai, jahe, bawang putih, dan jeruk. Hal ini dimaksudkan agar bumbu yang diberikan pada daging bebek bisa meresap pada daging bebek, agar daging bebek menjadi lebih empuk, dan juga agar bau amis pada bebek semakin berkurang.
  7. Setelah semua prosedur selesai, maka bebek siap diolah sesuai dengan selera.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengolahan daging bebek:
  1. Agar bau bebk tidak amis, cuci daging dengan air bersih dan usahakan dengan air yang mengalir. Jangan hanya mencelupkan daging bebek dalam air.
  2. Pisahlah berutu bebek sebelum diolah
  3. Bau amis pada bebek juga bisa dihilangkan dengan merebus daging bebek tumisan kunyit dan jahe.
  4. Agar daging bebek bisa lebih empuk, masaklah daging bebek dalam panic tertutup.
  5. pengolahan untuk daging bebek muda, sangat tepat untuk dipanggang, digoreng, ataupun dibakar. Sedangkan untuk daging bebk tua sebaiknya dijadikan hidangan dengan cara pengolahan direbus atau dikukua. Karea pengukusan dapat menambah proses pengempukan daging.
  6. Pakailah campuran madu dengan tiga bagian air jeruk manis yang telah diaduk menjadi satu untuk mengolesi daging bebek. Oleskan pada bebek yang sedang dipanggang sesering mungkin. Hal ini bertujuan untuk merenyahkan dan menggaringkan kulit bebek.

Tidak ada komentar: