Memilih dan Mengolah Kepiting

Tips Memilih Kepiting yang Baik :
1. Tips yang pertama
 yakni, Kepiting yang sehat biasanya ditandai dengan gerakannya yang lincah, untuk itu sewaktu anda membeli kepiting, mintalah pedagang untuk melepaskan ikatannya sebentar untuk memastikan apakah kepiting itu masih hidup, atau malah sudah mati.

2. Tips kedua, jika anda membeli kepiting, cobalah untuk mengangatnya sebentar dan rasakan beratnya. Bila masih terasa berat dan matanya aktif keluar masuk maka kepiting itu memiliki kualitas yang baik.

3. Tips ketiga, Jangan pilih yang muda dan tidak banyak berdaging, karena akan sulit mengeluarkan dagingnya.

langkah-langkah  Mengolah kepiting yang baik dan benar :
  1. Balik badan kepiting dan kemudian tusuk dengan pisau runcing yang tajam bagian tengah sampai bagian pantat kepiting. Pastikan kepiting sudah mati, dan jika sudah anda dapat melepas ikatannya.
  2. Cucilah dengan air yang mengalir (Jangan direndam) dan sikat kepiting dengan kuas kecil atau anda dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian kotor si kepiting sampai benar-benar bersih.
  3. Buang ujung pantat kepiting yang berbentuk segitiga, karena itu adalah tempat kotoran kepiting dan tidak bagus untuk dikonsumsi.
  4. Potong kepiting menjadi dua bagian, dan bersihkan isi perutnya yang berwarna kehijauan. lalu cuci kepiting kembali sampai bersih.
  5. Pukulah kepiting dibagian capit dan kaki, tujuannya agar ketika dimasak nanti bumbu dapat meresap kedalam daging dan mudah dimakan.
Sebelum memasak, anda bisa merebus kepiting bersamaan dengan kayu arang terlebih dahulu supaya racun yang mungkin tertinggal di kepiting dapat hilang, dan usahakan jangan terlalu lama merebus kepitingnya, cukup 10-20 menit saja. Jika terlalu lama, daging kepiting akan mengeras.

Tips merebus kepiting :
  1. Didihkan lima liter air ke dalam panci besar dan masukkan 5 sdm garam.
  2. Ambil kepiting hidup dan masukkan ke dalam air dengan posisi kepalanya dulu.
  3. Anda bisa memasak kepiting besar sekitar 15-20 menit, sementara yang berukuran kecil 8-10 menit
  4. Begitu air mulai mendidih, kurangi panas dan aduk-aduk. Kepiting mulai matang jika berwarna oranye terang.
  5. Ketika kepiting sudah matang, tempatkan dulu dalam air dingin selama beberapa saat untuk menghindarkan daging kepiting tidak terlalu matang.
Mengukus kepiting :
  1. Dalam panci besar, masukkan 2 cangkir air, 1 cangkir cuka, 2 sdm garam.
  2. Panaskan dan didihkan.
  3. Tempatkan rak khusus untuk pengukusan, lalu tempatkan kepiting di atasnya.
  4. Kukus kepiting selama 10 - 20 menit tergantung ukuran kepiting. Tanda kepiting matang ketika warnanya sudah oranye.
  5. Angkat kepiting dan siram dengan air dingin.
  6. Sajikan.
Begitu dihidangkan, mungkin Anda akan berpikir bagaimana caranya menyantap kepiting sementara cangkangnya masih hidup. Caranya, pisahkan badannya hingga dua atau empat bagian. Kemudian remukkan cangkangnya. Setelah remuk, Anda bisa mengupas kulitnya, dan mengambil dagingnya.

Tidak ada komentar: